Kiat Mengatur Keuangan Bisnis Rumahan

Seringkali mendengar seseorang yang memiliki usaha rumahan, tiba-tiba kehabisan modal. Penyebab utamanya adalah modah usaha terpakai untuk keperluan keluarga dan pribadi. Umumnya pada bisnis rumahan ini tidak terlalu memperhatikan finance (pengaturan keuangan). Semua berjalan alami bak aliran air, tahu-tahu modal habis.



Jelas hal tersebut tidak sehat. Sekecil apapun usaha kita harus memperhatikan masalah finance. Sehingga usaha yang dirintis bisa langgeng dan berkembang pesat. Bisnis besar diawali dari bisnis kecil. Walaupun sekarang memiliki usaha kecil tetap harus memperlakukan dengan profesional termasuk dalam hal finance.



Hal pertama yang harus dilakukan adalah memisahkan antara uang usaha dengan uang belanja. Walaupun jumlahnya kecil tetap harus dipisahkan. Sehingga uang usaha tidak terpakai untuk uang belanja. Apabila ada keuntungan dari usaha, masukkan ke dalam uang usaha, sehingga kita tidak tergoda untuk menggunakan. Sebaiknya keuntungan usaha jangan dulu digunakan untuk belanja keperluan pribadi, lebih baik digunakan untuk menambah modal usaha.

Bagaimana jika kita terpaksa menggunakan uang usaha? Catat, itu yang harus dilakukan. Kemudian secepatnya diganti jika sudah ada rezeki. Dengan disiplin menerapkan pengelolaan keuangan tersebut, berkembangnya usaha bukan hal mustahil.