Pengertian Bisnis Syariah



Apa itu Bisnis Syariah? Apakah masyarakat luas sudah memahami pengertian Bisnis Syariah dengan baik? Bisnis Syariah saat ini dapat dikatakan sedang naik daun. Seiring munculnya krisis global yang meluluh lantakan ekonomi Negara Adikuasa, istilah Bisnis Syariah mulai dibicarakan banyak orang.


Bisnis Syariah terdiri dari dua unsur kata yaitu bisnis dan syariah. Bisnis adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan jual beli atau istilah sederhananya kegiatan berdagang. Sedangkan syariah adalah hukum atau aturan berdasarkan ajaran Islam. Jadi Bisnis Syariah adalah kegiatan jual beli berlandaskan pada hukum Islam.
Islam sebagai agama yang memiliki karakter syamillah mutakamillah  (sempurna dan menyeluruh). Ajarannya melingkupi setiap aspek kehidupan manusia.  Islam membangun pribadi individu secara terpadu antara kebutuhan dunia dan akherat secara bersamaan, seimbang (harmonis) dengan melihat pertimbangan dan hasil yang akan diperoleh sebagai pertanggungjawaban manusia. Semua unsur penunjang kehidupan manusia sudah diatur dengan lengkap dalam ajaran Islam. Begitu juga dengan kegiatan bisnis.
Kegiatan bisnis dalam bingkai ajaran Islam bukan hanya aktivitas pemenuhan kebutuhan ekonomi semata. Namun kegiatan bisnis sekaligus kegiatan ibadah yang akan mendapatkan pahala berlimpah dari Allah SWT. Islam menganjurkan umatnya untuk bekerja dan bekerja, meraih rezeki sebanyak-banyaknya dengan cara yang halal.