Keren, Orang Ini Meraup Jutaan Rupiah dari Sosmed


Saat ini bisa dikatakan sebagai era sosial media (sosmed). Sosial media sudah menjadi bagian hidup seseorang. Banyak orang yang mulai bangun tidur sampai tidur lagi tidak bisa lepas dari sosmed. Berbagai jenis sosmed pun semakin berkembang, yang paling populer Face Book, Twitter, Instagram, Path, Ask. Fm, Flickr. 

Sebagai media, sosmed bebas nilai. Orang yang menggunakannya yang akan memberinya nilai, negatif atau positif. Bagi orang-orang yang memiliki niat jahat, sosmed bisa menjadi alat untuk melancarkan aksi jahatnya. Banyak orang jahat yang memanfaatkan sosmed untuk menipu orang lain, bahkan dijadikan alat untuk merampok dan menculik anak. Tapi bagi orang yang selalu berpikir positif, sosmed bisa bernilai positif. Buktinya tidak sedikit orang yang memanfaatkan sosmed untuk mencari ilmu, berbisnis, menambah relasi, bahkan menjadi media peningkatan kualitas diri. Semua berpulang pada pribadi masing-masing.

Sosmed awalnya digunakan untuk bersenang-senang mengisi waktu luang, namun bagi orang yang pinter menangkap peluang, sosmed bisa menjadi media untuk mendapatkan keuntungan finansial. Banyak orang yang memanfaatkan sosmed untuk media bisnis terutama online shop. Sosial media sangat praktis menghubungkan antara penjual dan pembeli dengan biaya yang sangat murah, hanya bermodalkan jaringan internet. 

Bagi orang yang tidak suka berjualan, sosmed pun tetap memberi keuntungan. Bahkan orang tersebut bisa sekaligus menyalurkan hobinya. Asyik bukan, kita melakukan sesuatu yang menyenangkan dan bisa mendatangkan pendapatan. Hal itulah yang dirasakan dua anak muda ini, yaitu Ria Yunita atau lebih dikenal dengan Ria Ricis dan Zarry Hendrik. 

Ria Ricis dan Zarry Hendrik berhasil memanfaatkan sosial media untuk mendatangkan keuntungan finansial yang tidak sedikit, padahal keduanya tidak berjualan online. Apa yang mereka lakukan sehingga bisa meraup keuntungan jutaan rupiah per-bulannya?

Ria Ricis


Gadis berusia 20 tahun ini sangat aktif bersosial media terutama di Instagram dengan akunnya @riaricis1795. Ria mendapat gelar selebgram alias seleb Instagram. Followenya hingga saat ini mendekati 1 juta. Jumlah yang fantastis untuk ukuran bukan artis. Ria Ricis merupakan adik bungsu dari Oki Setiana Dewi pemeran Anna dalam film Ketka Cinta Bertasbih. Ria belum mengikuti jejak sang kaka di dunia artis tapi ketenarannya hampir menyusul sang kaka. Ria berhasil membangun personal branding sehingga orang tertarik untuk menjadi follower. 

Ria kreatif sekali membuat video komedi dan mengunggahnya di Instagram. Dari Video dan foto yang diunggahnya, Ria membangun imej sebagai muslimah yang smart dan kocak. Ria memiliki karakter yang berbeda jauh dengan Oki yang kalem. Namun justru perbedaan itulah yang berhasil mengangkat Ria menjadi sosok yang berkarakter dan tidak berada di balik bayang-bayang popularitas sang kakak. Ria berhasil meraih popularitas dengan menjadi dirinya sendiri. Popularitas Ria di sosmed mendatangkan keuntungan finansial yang lumayan. Ria mendapat tawaran endorsement produk.

Produsen menilai Ria punya nilai strategis dalam memasarkan produknya sehingga mereka tidak sungkan untuk menggandeng Ria mempromosikan produknya di Instagram. Menurut pengakuan Ria untuk satu kali endors ia mematok harga 500 ribu rupiah sampai 1 juta rupiah. Menurut pengakuannya lagi jadwal endors-nya sudah penuh hingga akhir tahun 2016. Wow, Anda bisa menghitung berapa pendapatan gadis cantik ini dalam sebulan. Nyaris tanpa modal Ria mampu meraup keuntungan jutaan rupiah. Dan Ria mendapat itu semua dari hobi dan senang-senang, kece badai bukan.

Zarry Hendrik


Zarry Hendrik tidak pernah menyangka hobinya menulis puisi mampu melambungkan namanya sekaligus mengganjarnya dengan penghasilan yang tidak sedikit. Pemuda ganteng ini sangat hobi menulis puisi-puisi romantis nan gokil. Puisi-puisi Zarry sangat digandrungi oleh kaum hawa karena bikin klepek-klepek. Untaian kata yang dirangkai Zarry menyanjung hati wanita manapun tak heran jika akun twitternya banyak difollow oleh kaum hawa. Pemuda jangkung inipun menjelma menjadi selebtwitt.

Popularitas yang kini dimiliki Zarry tanpa direncanakan sebelumnya justru membuatnya memiliki penghasilan yang tidak sedikit dari twitter. Seperti Ria Ricis, Zarry pun dikontak oleh produsen dan pengusaha untuk memberikan endorsement di akun twitternya. Menurut pengakuannya, jumlah penghasilan dari twitter melampaui gaji dari pekerjaan formal yang digelutinya. Pingin tahu puisi karya Zarry? silakan simak di bawah ini.

SEMOGA TIDAK KAMU LAGI

Ada rasa sedih saat melihatmu bahagia
Bukan karena aku tidak ingin kamu bahagia
Melainkan karena bukan aku yang membahagiakanmu 
Itu menyakitkan, seperti pukulan yang sebenarnya ingin buatku tersadar
Mungkin ini waktu untuk aku terpuruk
Supaya aku dapat melihat Tuhan memakai kenangan ini untuk buatku dipenuhi kesiapan
Sehingga doa dapat melahirkan semangat
Dan kemudian buatku bangkit
Namun ketahuilah sebelum aku sudah tak lagi mencintaimu
Ini darahku mengalir membawa bayang-bayangmu mengelilingi tubuhku 
Dan jantungku berdenting demi kau menari-nari di pikiranku
Ada satu hal yang sampai hari ini masih membuat aku bangga menjadi aku
Itu karena aku mampu terima kamu apa adanya
Aku meminta ampun kepada Tuhan
Sebab aku pernah berharap kalau suatu saat
Ketika angin menghempasku hilang dari daya ingatmu
Aku ingin tak pernah lagi menginjak bumi
Sebab hidup  jadi terasa bagaikan dinding yang dingin
Aku harus menjadi paku
Sebab kamu bagai lukisan dan cinta itu palunya
Memukul aku, memukul aku dan memukul aku sampai aku benar-benar menancap kuat.
Pada akhirnya, semoga, tidak kamu lagi yang aku lihat 
Sebagai satu-satunya cahaya di dalam pejamku sebelum pulas
Semoga tidak kamu lagi.....

Ria Ricis dan Zarry Hendrik sudah berhasil memanfaatkan sosial media dengan positif, imbalannya mereka mendapat penghasilan yang cukup fantastis. Kasarnya, hobi mereka diganjar dengan materi karena dikemas dengan cantik. Berminat mengikuti jejak mereka?