Pengusaha Tampan Ini Sukses Gara-Gara Lele


Bisnis kuliner menjanjikan keuntungan yang berlipat ganda. Namun, memulai bisnis ini tidaklah mudah. Banyak orang yang gagal dan akhirnya putus asa karena tidak berhasil mengembangkan bisnis kuliner ini. Begitu pula yang dirasakan oleh Rangga Umara. Rangga yang sempat bekerja di perusahaan property banting setir mencoba peruntungan di bisnis kuliner. Pada awal merintis usaha Rangga jungkir balik berusaha dan berkali-kali mengalami kegagalan. Klimaknya, Rangga dan keluarga diusir secara kasar dari rumah kontrakan, karena telat membayar. Sepulang jualan Rangga mendapati barang-barangnya sudah ada di teras, begitu pula dengan istri dan anaknya. Kejadian ini menjadi pemantik semangat Rangga untuk terus giat berusaha. (Bisnis Rumahan yang Menjanjikan)

Inovasi
Walaupun restoran yang dirintisnya masih sepi, Rangga tidak mau menyerah dan terus mencari inovasi baru. Rangga memutuskan untuk fokus menjual olahan ikan lele. Rangga melihat tantangan besar di bisnis lele ini. Berdasar pengamatannya belum ada pedagang lele yang sukses. Sehingga sarjana informatika ini tertantang untuk mencoba peruntungan. Lele biasanya hanya menjadi menu tambahan, maka Rangga memutuskan berinovasi dengan menjadikan lele sebagai menu utama di restoran yang dirintisnya. Rangga mencoba resep baru dalam mengolah ikan lele. Dengan resep barunya ini lele menjadi lebih menarik untuk disajikan dan rasanya pun lebih lezat. (Benarkah Buah Pala Haram)

Rangga bukan hanya berinovasi dalam mengolah lele, tapi juga dalam mendesain banner dan logo restoran lelenya. Rangga membuat desain yang lebih eye catching sehingga menarik pembeli. Bahkan kemudian Rangga memilih nama unik untuk restorannya. Lele Lela itulah nama yang dipilih Rangga untuk restorannya. Lela sendiri mengandung arti dan doa yaitu Lebih Laku. Rangga berharap dengan nama Lela restorannya laku dan sukses. Mimpi Rangga pun terwujud. Usahanya bertambah maju, hingga kini sudah memiliki 44 cabang yang menyebar di Jawa, Sumatra, Bali, dan Kalimantan. Bahkan rencananya akan dibuka cabang di luar negri yaitu di Malaysia, Singapura, dan Jedah. (Kuliner Indonesia Merajai Kuliner Malaysia)

Kunci Sukses
Berusaha sungguh-sungguh dan fokus adalah modal untuk menjadi sukses. Namun, bagi Rangga Umara kunci suksesnya yang utama adalah mencukupi kebutuhan keluarga dengan sebaik mungkin. Menurut penuturannya, ketika ia berusaha semaksimal mungkin menafkahi istri dan anak-anaknya maka usahanya lancar. Itulah yang dirasakan oleh pengusaha muda ini. Kini, setiap bulannya bisnis Rangga mampu mencapai omzet 4 milyar lebih. Kesuksesan Rangga bertambah lengkap dengan menerima penghargaan dari Menteri Perikanan dan Kelautan dan Menteri Usaha Kecil dan Menengah.

Satu hal unik yang dilakukan Rangga dalam mensyukuri kesuksesan yang diraihnya adalah setiap yang bernama Lela boleh makan gratis di seluruh restoran miliknya.