Restoran Nusantara Merajai Kuliner Negeri Jiran



Foto : Koleksi Terry Terikoh

Negeri kita tercinta sangat kaya dengan aneka masakan khas nusantara. Setiap daerah memiliki makanan khas yang unik dan tentu saja sangat lezat. Kelezatan masakan nusantara terkenal di mancanegara, terutama di negeri jiran Malaysia dan Singapura. 

Salah satu kuliner Indonesia yang terkenal di Malaysia adalah ayam penyet. Seorang teman saya mengawali membuka restoran ayam penyet di daerah Skudai Johor Bahru salah satu negeri di Malaysia. Tanpa dinyana ayam penyet laris manis. Pembelinya bukan hanya warga Indonesia yang bekerja dan sekolah di sana tapi juga penduduk tempatan (warga Malaysia). Dalam waktu yang tidak begitu lama restoran yang menyajikan menu ayam penyet menjamur, bahkan salah satu restoran ternama di Indonesia membuka cabang di sebuah mall besar di pusat kota Johor. Restoran tersebut selalu diserbu pengunjung. Selain menyajikan menu ayam penyet, juga menjual kuliner Indonesia lainnya, seperti es teler, es dawet, lotek, karedok, dan lain-lain.


Selain ayam penyet, kuliner nusantara yang banyak diminati adalah kuliner Minang. Rumah makan Padang tidak sulit didapati di berbagai kota di Malaysia. Di Malaka sebuah restoran Padang berada di daerah perhotelan dan pusat perbelanjaan. Restoran tersebut selalu diserbu pembeli. Di Johor sendiri ada banyak rumah makan Padang, salah satunya rumah makan Sembang-sembang. Posisinya berada di kawasan industri, tak heran jika rumah makan ini selalu dibanjiri pelanggan. Seringkali pelanggan rela mngantri demi mendapat tempat di rumah makan tersebut. Rumah makan tersebut sudah berdiri puluhan tahun di Malaysia.  (baca juga Tips Memasarkan Toko Online)

Selain kuliner Padang, kuliner Sunda pun terkenal di Malaysia. Di Johor ada beberapa restoran yang khusus menjual kuliner khas pasundan. Selain menyajikan kuliner pasundan, tempatnya pun dihias dengan ornamen khas  Parahiyangan, begitu pun dengan musik yang diperdengarkan. Tak heran jika kehadiran restoran Sunda ini membetot perhatian masyarakat Malaysia sendiri. Perusahaan maskapai penerbangan Malaysia membuka restoran elit yang menjual aneka kuliner Bandung di antaranya siomay, batagor, es teler, dan lotek. (baca juga Keuntungan Bisnis Online)

Di ibukota Malaysia, Kuala Lumpur terdapat restoran Indonesia yang sangat terkenal yaitu rumah makan Wong Solo. Menu andalannya ayam bakar dan bebek bakar. Restoran ini mendapat perhatian tersendiri di kalangan warga Malaysia. (baca juga Bisnis Maia Estianty Kian Bersinar)

Semoga kondisi ini membuka kesempatan masyarakat Indonesia untuk melebarkan sayap bisnis kuliner ke negeri-negeri Jiran.